Rabu, Mei 30, 2012

Pertandingan antar si Merah dan Biru

saya cuma mau ngeshared mudah2an menambah pengetaua.
Pada dasarnya, pertandingan derby adalah pertandingan antara tim olahraga (umumnya lokal) yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki rivalitas tersendiri. Pertandingan derby yang ada bissa terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim dalam dunia olahraga tertentu, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi, ataupun suatu sebab lain yang menyebabkan kedua tim memiliki rivalitas

Sebenarnya, label derby itu sendiri hanya untuk "local derby" saja. Tapi, sekarang istilah derby berkembang menjadi luas artinya. Tidak hanya mempertemukan tim yang berada pada satu kota, tetapi juga melibatkan tim-tim besar yang mempunyai tingkat rivalitas tinggi. Mungkin untuk segelintir orang, pertandingan derby tak ubahnya seperti pertandingan reguler yang bertujuan untuk meraih poin tiga. Tetapi untuk kalangan suporter, pertandingan derby lebih dari sekedar 2×45 menit pertandingan sepakbola itu sendiri.
Derby merupakan sebuah simbol terhadap kebanggaan, fanatisme, status sosial, & price diri.Tak bissa dihindarkan pula, setiap kejadian dari suatu pertandingan derby akan menghasilkan suatu hal yang menarik untuk dikenang. & pada akhirnya, pertandingan derby itu memiliki sebuah nilai historis.Dari sekian banyaknya pertandingan derby, hanya ada dua warna yang mendominasinya, yakni warna merah & biru.
Di sejumlah negara seperti Inggris, Italia, Argentina, Portugal, bahkan Indonesia, dominasi merah & biru terasa begitu kental. Rivalitas antara merah & biru tersebut seperti tak lekang dari waktu. Berikut adalah beberapa contoh rivalitas si merah & si biru :

1. Derby Della Madonnina (AC Milan vs Internazionale Milan)

Disebut juga sebagai derby Milano antara AC Milan dengan Internazionale Milan. Biasanya pertandingan berlangsung panas & senantiasa ditunggu dari penggemar sepakbola & khususnya suporter kedua klub itu di seluruh dunia. Disebut Derby della Madoninna sebagai penghormatan terhadap salah satu obyek wisata di kota Milano, yaitu patung Perawan Maria yang terletak di puncak Duomo. Patung itu biasa disebut sebagai Madoninna.
2. Derby Della Capitale (AS Roma vs SS Lazio)


Menurut sejarah ada faktor sosial-ekonomi yang membuat derby ini jadi “mengerikan”. Lazio dibentuk dari mereka yang berstatus menengan ke atas & bermarkas di Roma sebelah utara kota. sedangkan AS Roma bermarkas di wilayah miskin di sebelah selatan kota. Di dalam stadion, para suporter Roma menempati tribun sebelah selatan (curva sud) & Lazio di sebelah utara (curva nord).

3. Derby of Manchester (Manchester United vs Manchester City)

Inilah Derby terpanas di jagad persepakbolaan Eropa bahkan Dunia, yaitu antara Manchester City melawan Manchester United. Bagaimana tidak, Rivalitas kedua tim ini sudah terlanjur menjalar sejak dulu, bahkan saat manchester masih bernama Newton Health, kedua tim sudah saling ngotot untuk bissa memperlihatkan kekuatan mereka. Maka tak heran bila dalam pertandingan , wasit sering banyak mengeluarkan kartu, Apalagi sekarang Exspatriat Manchester United sudah menjadi jagoan Manchester City, yaitu Carlos Tevez.
4. Derby of Merseyside (Liverpool FC vs Everton FC)


Disebut Merseyside Derby karena Liverpool & Everton sama-sama berasal dari wilayah Merseyside di kota Liverpool. Kadang juga disebut The Friendly Derby karena dalam satu keluarga kadang terdapat dua kubu, antara pendukung Liverpool & Everton. Di tingkat teratas sepakbola pro Inggris, derby ini pertama kali terjadi pada 1962, ketika Liverpool pertama kali menembus Divisi Utama.


5. Derby of Great London (Arsenal FC vs Chelsea FC)

Ada beberapa tim dari kota London Arsenal,Chelsea,Tottenham Hotspurs,Fulham,West Ham. Namun yang paling disorot adalah ketika pertandingan yang mempertemukan antara Arsenal dengan Chelsea, karena tim ini masuk dalam jajaran The Big Four.

6. El Derbi Barceloni (FC Barcelona vs RCD Espanyol)]

 
Seperti derby pada umumnya,walaupun sang Barcelona begitu tangguh dengan beberapa prestasinya belakangan ini. Namun Espanyol tidak akan membiarkannya melenggang begitu saja. bau pertarungan sengit untuk menjadi yang terbaik di kota itu akan meningkatkan tensi pertandingan.
7. Derby Malang (Arema vs Persema)


Salah satu derby yang ada di Indonesia. Mempertemukan dua klub asal kota Malang, yakni Persema Malang dengan Arema Malang. Derby ini merupakan milik publik Malang, & publik Malang senantiasa antusias bila pertandingan ini digelar
8.North South Derby (FC Porto vs S.L. Benfica)


Derby klasik portugal ini biasa disebut North South Derby (Clasico). Mempertemukan antara FC Porto dengan S.L. Benfica. Kedua klub merupakan calon kandidat utama juara liga sagres portugal.
9. Derby Münchner Stadtderby (FC Bayern Munchen vs TSV 1860 Munchen)


Walaupun sekarang TSV 1860 Munchen main di kasta 2 Bundesliga pertemuan keduanya senantiasa seru, terakhir derby tahun 2008 di DFB Pokal.
demikian infonya gann sekian & terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar